HAK PASIEN DAN KELUARGA
ANDA BERHAK UNTUK:
- Mendapatkan perawatan yang setara dan penuh hormat, menghargai keyakinan pribadi tanpa diskriminasi.
- Akses terhadap informasi yang jelas mengenai status kesehatan, pilihan pengobatan, dan prospek pemulihan.
- Memberikan persetujuan dan kendali atas keputusan pengobatan, dengan pemahaman tentang risiko, manfaat, dan alternatif yang tersedia.
- Privasi selama perawatan medis dan kerahasiaan semua komunikasi serta catatan yang berkaitan dengan perawatan dan status kesehatan Anda.
- Meminta pendapat kedua dari penyedia layanan kesehatan lainnya.
- Meminta pendapat kedua dari penyedia layanan kesehatan lainnya.
- Mendapatkan nasihat dan panduan yang ringkas tentang pengobatan promotif, preventif, kuratif, serta rehabilitasi yang relevan.
- Mengharapkan kontinuitas perawatan tetap terjaga dan diberi informasi oleh tim medis Anda tentang setiap perubahan yang mungkin terjadi.
- Terlibat dalam pengambilan keputusan perawatan, termasuk hak untuk menolak pengobatan.
- Pengaduan: Menyampaikan keluhan dan menerima peninjauan serta penyelesaian keluhan tersebut bila memungkinkan.
ANDA BERTANGGUNG JAWAB UNTUK:
- Memberikan informasi tentang kesehatan, riwayat, dan kondisi Anda saat ini.
- Mengajukan pertanyaan dan meminta penjelasan atas aspek perawatan atau instruksi yang tidak jelas.
- Memahami, mematuhi, dan mengikuti nasihat tim medis terkait rencana dan rejimen perawatan yang ditentukan.
- Mengakui dan menerima konsekuensi dari keputusan Anda, termasuk hasil yang timbul dari penolakan atau ketidakpatuhan terhadap rencana dan rejimen perawatan yang direkomendasikan, baik yang dilakukan secara pribadi maupun oleh perwakilan yang ditunjuk.
- Mematuhi kebijakan dan prosedur rumah sakit.
- Memperlakukan pasien lain, pengunjung, dan staf dengan hormat dan menjunjung martabat mereka.
- Memenuhi kewajiban finansial sesuai dengan komitmen yang telah disepakati kepada rumah sakit.
- Memberitahukan kepada tim medis tentang perubahan kondisi kesehatan Anda yang tidak terduga.
- Menghargai properti orang lain dan menjaga fasilitas yang disediakan oleh Northern Heart Hospital.
- Memberitahukan kepada tim medis tentang tantangan yang mungkin dihadapi dalam menjalani pengobatan atau jika mempertimbangkan pengobatan/tradisional alternatif.
